Tuesday, February 20 |
DUA MASTERPIECE PENYAIR RONGGOWARSITO
|
Syair syair R Ng. Ronggowarsito, seorang pujangga kuno tanah jawa yang dianggap memiliki 'daya linuwih' menerobos kejadian kejadian masa sekarang. banyak orang (terutama dari suku Jawa) yang meyakini berbagai kejadian aktual saat ini mendapatkan relevansinya pada teks-teks tersebut. dua 'puisi' berikut (JONGKO JOYO BOYO dan SERAT KALATIDA) ditengarai sebagai masterpieces atas seluruh karya karya besar Sang Pujangga...
JONGKO JOYO BOYO
Iki sing dadi tandane zaman kolobendu Ini yang menjadi tanda zaman kehancuran :
1. Lindu ping pitu sedino Gempa bumi 7 x sehari 2. Lemah bengkah Tanah pecah merekah 3. Manungsa pating galuruh, akeh kang nandang lara Manusia berguguran, banyak yang ditimpa sakit 4. Pagebluk rupo-rupo Bencana bermacam-macam 5. Mung setitik sing mari akeh-akehe pada mati Hanya sedikit yang sembuh kebanyakan meninggal
Zaman kalabendu iku wiwit yen, Zaman ini ditandai dengan :
1. Wis ana kreto mlaku tampo jaran Sudah ada kereta yang berjalan tanpa kuda 2. Tanah jawa kalungan wesi Tanah Jawa dikelilingi besi (mungkin maksudnya Rel kereta kali ya. Red) 3. Prau mlaku ing nduwur awang-awang Perahu berjalan di atas awan melayang layang 4. Kali ilang kedunge Sungai kehilangan danaunya 5. Pasar ilang kumandange Pasar kehilangan keramaianya 6. Wong nemoni wolak-walik ing zaman Manusia menemukan jaman yang terbolak-balik 7. Jaran doyan sambel Kuda doyan makan sambal 8. Wong wadon menganggo lanang Orang perempuan mempergunakan busana laki-laki
Zaman kalabendu iku koyo-koyo zaman kasukan, zaman kanikmatan donya, nanging zaman iku sabenere zaman ajur lan bubrahing donya.
Zaman kalabendu itu seperti jaman yang menyenangkan, jaman kenikmatan dunia, tetapi jaman itu sebenarnya jaman kehancuran dan berantakannya dunia
1. Mulane akeh bapak lali anak Oleh sebab itu banyak bapak lupa sama anaknya 2. Akeh anak wani ngalawan ibu lan nantang bapak Banyak anak yang berani melawan ibu dan menantang bapaknya 3. Sedulur pada cidro cinidro Sesama saudara saling berkelahi 4. Wong wadon ilang kawirangane, wong lanang ilang kaprawirane Perempuan kehilangan rasa malunya, Laki-laki kehilangan rasa kejantanannya 5. Akeh wong lanang ora duwe bojo Banyak Laki laki tidak punya istri 6. Akeh wong wadon ora setia karo bojone Banyak perempuan yang tidak setia pada suaminya 7. Akeh ibu pada ngedol anake Banyak ibu yang menjual anaknya 8. Akeh wong wadon ngedol awakke Banyak perempuan yang menjual dirinya 9. Akeh wong ijol bojo Banyak orang yang tukar menukar pasangan 10. Akeh udan salah mongso Sering terjadi hujan salah musim 11. Akeh prawan tuwo Banyak Perawan Tua 12. Akeh rondo ngalairake anak Banyak janda yang melahirkan anak 13. Akeh jabang bayi nggoleki bapake Banyak bayi yang lahir tanpa bapak 14. Wong wodan ngalamar wong lanang Perempuan melamar laki-laki 15. Wong lanang ngasorake, drajate dewe Laki-laki merendahkan derajatnya sendiri 16. Akeh bocah kowar Banyak anak lahir di luar nikah 17. Rondo murah regane Janda murah harganya 18. Rondo ajine mung sak sen loro Janda nilainya hanya satu sen untuk dua
19. Prawan rong sen loro Perawan nilainya dua sen untuk dua 20. Dudo pincang payu sangang wong Duda berharga 9 orang
Zamane zaman edan Zamannya Zaman Gila/Sinting
1. Wong wadon nunggang jaran Perempuan menunggang Kuda 2. Wong lanang lungguh plengki Laki-laki berpangku tangan 3. Wong bener tenger-tenger Orang yang benar cuma bisa bengong 4. Wong salah bungah-bungah Orang yang melakukan kesalahan berpesta pora 5. Wong apik ditapik-tampik Orang Baik di singkirkan 6. Wong bejat munggah pangkat Orang Yang kelakuannya bejat malah naik pangkat 7. Akeh ndandhang diunekake kuntul Banyak komentar yang tidak ada isinya 8. Wong salah dianggap bener Orang salah diangap benar 9. Wong lugu kebelenggu Orang lugu dibelenggu 10.Wong mulyo dikunjara Orang mulia dipenjara 11.Sing culika mulya, sing jujur kojur Yang salah mulia, yang jujur hancur 12.Para laku dagang akeh sing keplanggrang Pedagang banyak yang menyeleweng 13.Wong main akeh sing ndadi Orang berjudi semakin menjadi 14.Linak lijo linggo lica, lali anak lali bojo, lali tangga lali konco Lupa anak dan pasangan, lupa tetangga dan teman 15.Duwit lan kringet mug dadi wolak-walik kertu Uang dan keringat hanya untuk berjudi 16.Kertu gede dibukake, ngguyu pating cekakak Kartu besar dibuka, tertawa terbahak-bahak 17.Ning mulih main kantonge kempes Tapi waktu pulang main kantongnya kosong 18.Krugu bojo lan anak nangis ora di rewes Denger anak istri nangis tidak digubris
Abote koyo ngopo sa bisa-bisane aja nganti wong kelut,keliring zaman kalabendu iku. Berat seperti apapun jangan sampai kalut --- (lebih tepatnya) Seberat apapun jangan sampai ikut larut dalam warna-warni zaman kalabendu
Amargo zaman iku bakal sirno lan gantine joiku zaman ratu adil, zaman kamulyan. Mula sing tatag, sing tabah, sing kukuh, jo kepranan ombyak ing zaman Entenana zamanne kamulyan zamaning ratu adil Sebab jaman itu bakal sirna dan diganti dengan jaman Ratu adil, jaman kemuliaan, karena itu yang tegar, yang tabah, yang kokoh, Jangan melakukan hal bodoh. Tunggulah jaman kemuliaan jamannya Ratu adil
---------------------------------------------
SERAT KALATIDA
Sinom 1. Mangkya darajating praja Kawuryan wus sunyaturi Rurah pangrehing ukara Karana tanpa palupi Atilar silastuti Sujana sarjana kelu Kalulun kala tida Tidhem tandhaning dumadi Ardayengrat dene karoban rubeda
Keadaan negara waktu sekarang, sudah semakin merosot. Situasi (keadaan tata negara) telah rusah, karena sudah tak ada yang dapat diikuti lagi. Sudah banyak yang meninggalkan petuah-petuah/aturan-aturan lama. (jaman yang penuh keragu-raguan). Suasananya mencekam. Karena dunia penuh dengan kerepotan.
2.Ratune ratu utama Patihe patih linuwih Panekare becik-becik Paranedene tan dadi Paliyasing Kala Bendu Mandar mangkin andadra Rubeda angrebedi Beda-beda ardaning wong saknegara
Sebenarnya rajanya termasuk raja yang baik, Patihnya juga cerdik, semua anak buah hatinya baik, pemuka-pemuka masyarakat baik, namun segalanya itu tidak menciptakan kebaikan. Oleh karena daya jaman Kala Bendu. Bahkan kerepotan-kerepotan makin menjadi-jadi. Lain orang lain pikiran dan maksudnya.
3. Katetangi tangisira Sira sang paramengkawi Kawileting tyas duhkita Katamen ing ren wirangi Dening upaya sandi Sumaruna angrawung Mangimur manuhara Met pamrih melik pakolih Temah suka ing karsa tanpa wiweka
Waktu itulah perasaan sang Pujangga menangis, penuh kesedihan, mendapatkan hinaan dan malu, akibat dari perbuatan seseorang. Tampaknya orang tersebut memberi harapan menghibur sehingga sang Pujangga karena gembira hatinya dan tidak waspada.
4. Dasar karoban pawarta Bebaratun ujar lamis Pinudya dadya pangarsa Wekasan malah kawuri Yan pinikir sayekti Mundhak apa aneng ngayun Andhedher kaluputan Siniraman banyu lali Lamun tuwuh dadi kekembanging beka
Persoalannya hanyalah karena kabar angin yang tiada menentu. Akan ditempatkan sebagai pemuka tetapi akhirnya sama sekali tidak benar, bahkan tidak mendapat perhatian sama sekali. Sebenarnya kalah direnungkan, apa sih gunanya menjadi pemuka/pemimpin ? Hanya akan membuat kesalahan-kesalahan saja. Lebih-lebih bila ketambahan lupa diri, hasilnya tidak lain hanyalah kerepotan.
5. Ujaring panitisastra Awewarah asung peling Ing jaman keneng musibat Wong ambeg jatmika kontit Mengkono yen niteni Pedah apa amituhu Pawarta lolawara Mundhuk angreranta ati Angurbaya angiket cariteng kuna
Menurut buku Panitisastra (ahli sastra), sebenarnya sudah ada peringatan. Didalam jaman yang penuh kerepotan dan kebatilan ini, orang yang berbudi tidak terpakai. Demikianlah jika kita meneliti. Apakah gunanya meyakini kabar angin akibatnya hanya akan menyusahkan hati saja. Lebih baik membuat karya-karya kisah jaman dahulu kala.
6. Keni kinarta darsana Panglimbang ala lan becik Sayekti akeh kewala Lelakon kang dadi tamsil Masalahing ngaurip Wahaninira tinemu Temahan anarima Mupus pepesthening takdir Puluh-Puluh anglakoni kaelokan
Membuat kisah lama ini dapat dipakai kaca benggala, guna membandingkan perbuatan yang salah dan yang betul. Sebenarnya banyak sekali contoh -contoh dalam kisah-kisah lama, mengenai kehidupan yang dapat mendinginkan hati, akhirnya "nrima" dan menyerahkan diri kepada kehendak Tuhan. Yah segalanya itu karena sedang mengalami kejadian yang aneh-aneh.
7. Amenangi jaman edan Ewuh aya ing pambudi Milu edan nora tahan Yen tan milu anglakoni Boya kaduman melik Kaliren wekasanipun Ndilalah karsa Allah Begja-begjane kang lali Luwih begja kang eling lawan waspada
Hidup didalam jaman edan, memang repot. Akan mengikuti tidak sampai hati, tetapi kalau tidak mengikuti geraknya jaman tidak mendapat apapun juga. Akhirnya dapat menderita kelaparan. Namun sudah menjadi kehendak Tuhan. Bagaimanapun juga walaupun orang yang lupa itu bahagia namun masih lebih bahagia lagi orang yang senantiasa ingat dan waspada.
8. Semono iku bebasan Padu-padune kepengin Enggih mekoten man Doblang Bener ingkang angarani Nanging sajroning batin Sejatine nyamut-nyamut Wis tuwa arep apa Muhung mahas ing asepi Supayantuk pangaksamaning Hyang Suksma
Yah segalanya itu sebenarnya dikarenakan keinginan hati. Betul bukan ? Memang benar kalau ada yang mengatakan demikian. Namun sebenarnya didalam hati repot juga. Sekarang sudah tua, apa pula yang dicari. Lebih baik menyepi diri agar mendapat ampunan dari Tuhan.
9.Beda lan kang wus santosa Kinarilah ing Hyang Widhi Satiba malanganeya Tan susah ngupaya kasil Saking mangunah prapti Pangeran paring pitulung Marga samaning titah Rupa sabarang pakolih Parandene maksih taberi ikhtiyar
Lain lagi bagi yang sudah kuat. Mendapat rakhmat Tuhan. Bagaimanapun nasibnya selalu baik. Tidak perlu bersusah payah tiba-tiba mendapat anugerah. Namun demikian masih juga berikhtiar.
10.Sakadare linakonan Mung tumindak mara ati Angger tan dadi prakara Karana riwayat muni Ikhtiyar iku yekti Pamilihing reh rahayu Sinambi budidaya Kanthi awas lawan eling Kanti kaesthi antuka parmaning Suksma
Apapun dilaksanakan. Hanya membuat kesenangan pokoknya tidak menimbulkan persoalan. Agaknya ini sesuai dengan petuah yang mengatakan bahwa manusia itu wajib ikhtiar, hanya harus memilih jalan yang baik. Bersamaan dengan usaha tersebut juga harus awas dan waspada agar mendapat rakhmat Tuhan. 11.Ya Allah ya Rasulullah Kang sipat murah lan asih Mugi-mugi aparinga Pitulung ingkang martani Ing alam awal akhir Dumununging gesang ulun Mangkya sampun awredha Ing wekasan kadi pundi Mula mugi wontena pitulung Tuwan
Ya Allah ya Rasulullah, yang bersifat murah dan asih, mudah-mudahan memberi pertolongan kepada hambamu disaat-saat menjelang akhir ini. Sekarang kami telah tua, akhirnya nanti bagaimana. Hanya Tuhanlah yang mampu menolong kami.
12.Sageda sabar santosa Mati sajroning ngaurip Kalis ing reh aruraha Murka angkara sumingkir Tarlen meleng malat sih Sanityaseng tyas mematuh Badharing sapudhendha Antuk mayar sawetawis BoRONG angGA saWARga meSI marTAya
Mudah-mudahan kami dapat sabar dan sentosa, seolah-olah dapat mati didalam hidup. Lepas dari kerepotan serta jauh dari keangakara murkaan. Biarkanlah kami hanya memohon karunia pada MU agar mendapat ampunan sekedarnya. Kemudian kami serahkan jiwa dan raga dan kami.
==========================================
TENTANG PUJANGGA R. Ng. Ronggowarsito
R. Ng. Ronggowarsito terlahir dengan nama kecil Bagus Burham pada tahun 1728 J atau 1802 M, putra dari RM. Ng. Pajangsworo. Kakeknya, R.T. Sastronagoro yang pertama kali menemukan satu jiwa yang teguh dan bakat yang besar di balik kenakalan Burham kecil yang memang terkenal bengal. Sastronagoro kemudian mengambil inisiatif untuk mengirimnya nyantri ke Pesantren Gebang Tinatar di Ponorogo asuhan Kyai Kasan Besari.
Menjelang dewasa (1813 Masehi), ia pergi berguru kepada Kyai Imam Besari dipondok Gebang Tinatar. Tanggung jawab selama berguru itu sepenuhnya diserahkan pada Ki Tanudjaja. Ternyata telah lebih dua bulan, tidak maju-rnaju, dan ia sangat ketinggalan dengan teman seangkatannya. Disamping itu, Bagus Burham di Panaraga mempunyai tabiat buruk yang berupa kesukaan berjudi. Dalam tempo kurang satu tahun bekal 500 reyal habis bahkan 2 (dua) kudanyapun telah dijual. Sedangkan kemajuannya dalam belajar belum nampak., Kyai Imam Besari menyalahkan Ki Tanudjaja sebagai pamong yang selalu menuruti kehendak Bagus Burham yang kurang baik itu. Akhirnya Bagus Burham dan Ki Tanudjaja dengan diam-diam menghilang dari Pondok Gebang Tinatar menuju ke Mara. Disini mereka tinggal di rumah Ki ngasan Ngali saudara sepupu Ki Tanudjaja. Menurut rencana, dari Mara mereka akan menuju ke Kediri, untuk menghadap Bupati Kediri Pangeran Adipati cakraningrat. Namun atas petunjuk Ki Ngasan Nga1i, mereka berdua tidak perlu ke Kediri, melainkan cukup menunggu kehadiran Sang Adipati Cakraningrat di Madiun saja, karena sang Adi pati akan mampir di Madiun dalam rangka menghadap ke Kraton Surakarta.
Mas Rangga Panjanganom melaksanakan pernikahan dengan Raden Ajeng Gombak dan diambil anak angkat oleh Gusti panembahan Buminata. Perkawinan dilaksanakan di Buminata. Saat itu usia Bagus Burham 21 tahun. Setelah selapan (35 hari) perkawinan, keduanya berkunjung ke Kediri, dalam hal ini Ki Tanudjaja ikut serta. Setelah berbakti kepada mertua, kemudianBagus Burham mohon untuk berguru ke Bali yang sebelumnya ke Surabaya. Demikian juga berguru kepada Kyai Tunggulwulung di Ngadiluwih, Kyai Ajar Wirakanta di Ragajambi dan Kyai Ajar Sidalaku di Tabanan-Bali. Dalam kesempatan berharga itu, beliau berhasil membawa pulang beberapa catatan peringatan perjalanan dan kumpulan kropak-kropak serta peninggalan lama dari Bali dan Kediri ke Surakarta.
Setelah neneknya RT. Sastranegara wafat pada tanggal 21 April 1844, R.Ng. Ranggawarsita diangkat menjadi Kaliwon Kadipaten Anom dan menduduki jabatan sebagai Pujangga keraton Surakarta Hadiningrat pada tahun 1845. Pada tahun ini juga, Ranggawarsita kawin lagi dengan putri RMP. Jayengmarjasa. Ranggawarsita wafat pada tahun 1873 bulan Desember hari Rabu pon tanggal 24.
|
|
1 Comments: |
-
Saya lahir di KlaTEN saya berada di desa Palar tempat Eyang Ronggowarsito dimakamkan...
Mas saya kopi artikelnya yaa...ntar saya kasih link deh...thanks yaaa...
|
|
|
|
|
|
|
|
Saya lahir di KlaTEN
saya berada di desa Palar tempat Eyang Ronggowarsito dimakamkan...
Mas saya kopi artikelnya yaa...ntar saya kasih link deh...thanks yaaa...